Buah apa yang memiliki mahkota? Yups! Nanas. 4 jempol untuk kalian yang menjawab demikian. Tahukah kalian kalau nanas dapat membantu proses penurunan berat badan ? Masa sih? Apa iya? Serius? Cie udah kepo, hihi. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu ya sama buah satu ini. Cekidot

images

Nanas atau Ananas comosus (L) merr adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas masuk dalam familia nanas-nanasan (Bromeliaceae). Dalam bahasa inggris, nanas disebut Pineapple karena bentuknya seperti pohon pinus. Sedangkan nama “nanas” sendiri berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini “anana” yang bermakna “ buah yang sangat baik”.

Nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai anti oksidan. Juga mengandung kalsium,fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, sukrosa, dan enzim bromelain (enzim protase yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas yang segar selain enak di konsumsi sebagai teman makan sambal rujak, nanas juga berkhasiat emenurunkan berat badan.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa nanas dapat menurunkan berat badan. Kate bisa? Bisa dong! Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelin seperti yang disebut diatas. Enzim penting ini ampu memecah protein, mendukung penghapusan lemak dengan cara alami, meningkatkan mobilisasi dan di indikasikan untuk selulitis.

Bromelain juga dapat bekerja sama dengan enzim lain yang berfungsi untuk mencerna lemak, atau lipase. Kerja sama dua enzim ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan eksresi lemak.

Tahukah kamu? Nanas juga termasuk makanan katabolik, yang artinya tubuh mengeluarkan  kalori lebih banyak untuk mencerna buah nanas daripada kandungan kalori yang ersimpan didalam buah ini. Jadi ini sangat baik dalam upaya mengurangi lemak perut.

Nah, pasti kalian sudah kepo nih cara penerapannya dalam diet kalian? Hihi. Langsung aja deh. Untuk menurunkan berat badan jumalah serat yang harus dikonsumsi dalam tubuh yaitu sebesar 25-30 gram setiap hari. Setengah jam sebelum makan, kalian bisa mengkonsumsi bua nanas. Karena penyerapan fruktosa yang paling baik padaa asat perut kosong. Sehingga penyerapan kedalam tubuh tidak membutuhkan insulin, yaitu zat yang berfungsi umtuk memasukkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah terlebih dahulu, maka kalian akan kenyang. So, berdampak pada porsi yang dikonsumsi.

 

 

 

Sebaiknya konsumsi nanas secara langsung dengan dipotong-potong. Akan lebih baik lagi dengan seratnya, WARNING! Tidak dianjurkan dijus menggunakan juicer. Jika kalian rajin dan tekun konsumsi nanas setiap harinya selama 1 bulan, dapat turun 1kg. Tetapi, perlu diperhatikan juga sebelum menerapkan cara ini, terutama kalian yang memiliki penyakit lambung.

Nanas dapat menimbulkan efek samping yakni iritasi lambung. Karena nanas memiliki kandungan asam yang dapat memperparah sakit maag. Tapi jika kalian tetap ingin mencobanya, cobalah dengan takaran yang sedikit. Jika lambung dirasa sakit, sebaiknya konsumsi dihentikan. Nanas manis juga harus diperhatikan. Karena nanas manis memiliki fruktosa lebih banyak sehingga dapat pula meningkatkan gula darah. Jadi pilihlah nanas yang tidak terlalu manis dan segar.

Kawan, meskipun telah mengonsumsi nanas, bukan berarti tidak mengonsumsi makanan berserat lainnya. Pola hidup seimbang juga harus diterapkan. Asupan lemak, protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat tetap dibutuhkan dan pastinya harus diperhatikan juga semua tergantung usia, aktivitas yang dilakukan dan berat badan.

Kalian juga harus tetap rutin berolahraga karena olahraga masih menjadi cara yang efektif membakar kalori. Disertai niat dan usaha, kalian pasti akan mendapatkan tubuh ideal yang kalian inginkan. Cheers yaa!!

Leave a Comment