images23

Toga (Tanaman Obat Keluarga) banyak tumbuh dimana saja seperti digunung, pinggiran sungai, hutan, halaman rumah, dan lain-lain.

Dunia memiliki kurang lebih 40.000 jenis tanaman, dan Indonesia memiliki 30.000 jenis, diantaranya  940 jenis tanaman mengandung obat dan baru digunakan 180 jenis diantaranya.

Penggunaan tanaman obat dimulai oleh Bangsa Mejopotamia pada 3000 tahun SM, dilanjutkan di Cina 2000 tahun SM. Dan di Indonesia sendiri dimulai sejak abad ke-5.

Bukti sejarah penggunaan tanaman obat di Indonesia adalah dari Candi Prambanan, Candi Borobudur, Serat Centini, Lontar Usada. Dan lain-lain.

Toga bisa dibuat menjadi beberapa olahan seperti lalapan, makanan, jamu, pestisida, pupuk, minuman obat, dan kapsul obat. Tanaman obat yang dijadikan kapsul antara lain, tanaman mahkota dewa, temulawak, pegagan, dan jahe merah.

Buah mahkota dewa dapat mengobati kolesterol, asam urat, daah tinggi. Dapat juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan untuk meningkatkan energi.

Temu lawak dalam digunakan untuk mengatasi masalah lambung, mengobati penyakit liver, dan juga untuk menambahkan nafsu makan.

Jahe merah dapat digunakan untuk meningkatkan tekanan darah, menghangatkan badan, mencegah masuk angin, dan lain-lain.

Pegagan dapat digunakan untuk merevitalisasi saraf otak dan sel, menambah kecerdasan, menyembuhkan penyakit kusta, panu, jamuran, meredakan tekanan darah tinggi, memulihkan penyakit, dan untuk menyembuhkan insomnia.

Diantara tanaman-tanaman obat, ada beberapa tanaman yang dapat mengusir nyamuk yaitu lavender, rosmery, geranium,sari puspa, dan zodia.

Tanaman yang dapat dijadikan obat antara lain dari tanaman hias, tanaman keras, tanaman liar, tanaman anti nyamuk, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Tanaman hias antara lain bunga tapak dara, bunga sepatu, bunga melati, bunga mawar, mahkota dewa, bunga matahari, dan lain-lain.

Tanaman keras antara lain petai cina, rimpang/umbi (jahe merah, temulawak, temu mangga, temu putih dan kunyit).

Tanaman liar antara lain pegagan, alang-alang, cakar ayam, adas, binahong, dan lain-lain

Sayur-sayuran antara lain timun, seledri, bawah putih, bawang merah, waluh (labu) dan lain-lain.

Buah-buahan antara lain alpukat, pepaya, pisang, jeruk, jambu biji, dan lain-lain.

Leave a Comment