tidur

 

Sekarang penelitian baru menunjukan bahwa tidur juga nampaknya mengorganisir ulang ingatan, mengambil rincian emosional dan mengatur kembali ingatan atau memori untuk membantu  dan menghasilkan ide-ide baru dan kreatif.

“ Tidur membuat ingatan lebih kuat “ kata Jessica D. Payne dari Universitas Notre Dame yang ikut menulis laporan tersebut bernama Elizabeth A. Kensinger dari Boston College. “ Tidur juga mengorganisir kembali serta mengingat memori atau ingatan.

Payne dan Kensinger mempelajari apa yang terjadi pada ingatan selama tidur, dan mereka menemukan bahwa seseorang cenderung bergantung pada bagian yang paling emosional dari satu ingatan. Sebagai contoh, jika seseorang ditunjukkan satu pemandangan dengan objek emosional seprti puing-puing kecelakaan mobil dihalaman depan dengan begitu dia cenderung mengingat objek emosional tersebut dari pada objek lainnya.

Salah satu hal pertama yang tak mendapat perhatian ialah tidur kita. Kata Payne “ Saya pikir hal-hal tersebut didasarkan kepada kesalahan pahaman besar bahwa otak yang tidur tidak melakukan apa-apa.” Otak itu sibuk tak hanya menggabungkan ingatan otak juga mengorganisir memori serta memilih informasi yang paling menonjol menurutnya ini yang membuat orang-orang memiliki ide-ide kreatif.

Leave a Comment